Indonesia | English
Search :
Publikasi

Customer Support
 


Wednesday,20-November-2019
M S S R K J S
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
Agenda Rutin
Jumat: Apel & Senam Pagi
Jumat setelah senam: Futsal dan Pingpong
Kamis Minggu ke-2 & 4: Latihan Arkeologi Bawah Air

Berita

Penemuan Baru
LAGI, TEMUAN SARKOFAGUS DI BITRA, GIANYAR

LAGI, TEMUAN SARKOFAGUS DI BITRA, GIANYAR

Dari Liputan6.com, Gianyar: Sarkofagus atau peti batu mayat ditemukan seorang pembuat batu bata, tertanam lima meter di dalam tanah, Selasa (18/5). Sarkofagus tersebut masih dalam kondisi in situ atau masih dalam posisi aslinya dan belum berpindah tempat.

Sejumlah petugas Balai Arkeologi setempat, kemudian datang ke lokasi untuk melakukan penelitian. Sarkofagus dengan ciri tonjolan kedok muka atau wajah ini, diperkirakan berasal dari zaman prasejarah dan berumur 2000 tahun lebih. Setelah diteliti, sarkofagus berisi tulang belulang manusia ini, memiliki ketebalan 12 sentimeter dan lebar satu meter. Belum diketahui berapa panjang peti mati tersebut karena diketahui sebagian sarkofagus masih terkubur di dalam tanah.

Peneliti menduga peti batu mayat ini adalah milik seseorang yang berpengaruh pada zamannya. Temuan ini selanjutnya akan dibawa ke Kantor Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Kabupaten Gianyar. Sarkofagus di wilayah tersebut merupakan temuan yang ke-70. Terutama di sepanjang aliran Sungai Tukad Pakerisan, yang terbentang dari Desa Pejeng Tampaksiring, hingga ke wilayah Keramas Blahbatuh, Gianyar. (IDS/ANS)

Namun beberapa waktu sebelumnya, tiga buah sarkofagus atau peti kubur batu berumur ribuan tahun juga ditemukan warga di Desa Bitra, Kabupaten Gianyar, Bali, Jumat (6/11). Peti kubur batu kuno ini ditemukan oleh seorang buruh saat menggali tanah untuk membuat batu bata merah. Karena kurangnya pemahaman tentang benda purbakala, dua buah sarkofagus dihancurkan dan dicampur dengan tanah untuk membuat batu bata. Namun satu buah sarkofagus yang tersisa dilaporkan ke pihak berwenang. Setelah dibersihkan dan diteliti, sarkofagus tersebut diangkat untuk dibawa ke Kantor Balai Arkeologi Denpasar. Ini bukanlah penemuan sarkofagus pertama di Bali. Beberapa bulan lalu di Gianyar juga ditemukan tiga sarkofagus berumur ribuan tahun.

Sumber: http://berita.liputan6.com/sosbud/201005/277561/Pembuat.Batu.Bata.Temukan.Sarkofagus.Purba

LAYANAN KAMI

BALAI ARKEOLOGI YOGYAKARTA selain melayani masyarakat di bidang informasi dan pengetahuan kearkeologian berupa publikasi seperti penerbitan, penyuluhan, pameran, film dan multimedia, juga melayani dalam bidang: 1. konsultasi tentang BCB (benda dan banggunan) 2. pelaksana penelitian arkeologi 3. studi kelayakan arkeologis 4. pendokumentasian dan penyuntingan film pengetahuan arkeologi 5. hal-hal lain yang berkaitan dengan kearkeologian .....

POLLING
Sumber media yang paling banyak Anda akses untuk mendapatkan informasi hasil penelitian arkeologi adalah: