Indonesia | English
Search :
Publikasi

Customer Support
 


Friday,24-November-2017
M S S R K J S
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30  
Agenda Rutin
Jumat: Apel & Senam Pagi
Jumat setelah senam: Futsal dan Pingpong
Kamis Minggu ke-2 & 4: Latihan Arkeologi Bawah Air

Berita

Arkeologi & Publik
ONLINE: Film Merapi & Candi 2006

Gejolak Gunung Merapi yang masuk dalam wilayah Kabupaten Magelang, Boyolali, Klaten (Jawa Tengah), dan Sleman (DIY) sejak taggal 26 Oktober 2010, mengingatkan pada peristiwa pada pertengahan 2006. Pada saat itu, Balai Arkeologi Yogyakarta menyikapinya dengan membuat film pengetahuan tentang hubungan antara Merapi dan Candi dalam format VCD. Kini film tersebut dapat disaksikan secara online dalam format 3GP.

Melalui pengetahuan tentang beberapa candi yang ditemukan dalam keadaan terkubur lahar  dan awan panas dari Merapi, film ini memberikan pengetahuan bahwa candi-candi buah karya peradaban Mataram Kuna (abad VIII - X M) dibangun dari batu andesit yang (antara lain) disediakan oleh Gunung Merapai. Namun, pada suatau ketika, Merapi pula yang meruntuhkan serta mengubur bebeapa candi tersebut.

Beberapa pengetahuan tentang kegunungapian di Indonesia maupun Merapi juga dijelaskan dalam film ini oleh narasumber pakar dari BPPTK Yogyakarta. Setelah menyimap film ini antara lain akan diperoleh pengetahuan tentang bagaimana gunung api meletus, tentang awan panas, lahar, serta hubungan antara bangunan candi dan Gunung Merapi.

Simak filmnya di sini:   Merapi & Candi

LAYANAN KAMI

BALAI ARKEOLOGI YOGYAKARTA selain melayani masyarakat di bidang informasi dan pengetahuan kearkeologian berupa publikasi seperti penerbitan, penyuluhan, pameran, film dan multimedia, juga melayani dalam bidang: 1. konsultasi tentang BCB (benda dan banggunan) 2. pelaksana penelitian arkeologi 3. studi kelayakan arkeologis 4. pendokumentasian dan penyuntingan film pengetahuan arkeologi 5. hal-hal lain yang berkaitan dengan kearkeologian .....

POLLING
Sumber media yang paling banyak Anda akses untuk mendapatkan informasi hasil penelitian arkeologi adalah: