Indonesia | English
Search :
Publikasi

Customer Support
 


Monday,27-May-2019
M S S R K J S
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31  
Agenda Rutin
Jumat: Apel & Senam Pagi
Jumat setelah senam: Futsal dan Pingpong
Kamis Minggu ke-2 & 4: Latihan Arkeologi Bawah Air

Berita

Dunia Ilmiah
FORMASI DAN KONFIGURASI KERUANGAN BANGUNAN SUCI ABAD XI MASEHI DI SITUS TONDOWONGSO, KEDIRI

Penelitian Balai Arkeologi Yogyakarta di Situs Tondowongso tahun 2014 ini merupakan penelitian tahap ke 7 dalam pentahapan jangka menengah pertama. Fokus penelitian kali ini adalah berusaha mengungkap tata ruang bangunan suci di situs Tondowongso.

Berdasarkan pengalaman penelitian sebelumnya, terdapat beberapa permasalahan yang menghambat jalannya penelitian sehingga belum memperoleh hasil yang optimal, yaitu: 1) kondisi situs yang luas dengan dominasi material vulkanik dan alluvial, serta tingginya muka air tanah, dan 2) lokasi-lokasi penting yang menjadi sasaran ekskavasi sebagian berada di lahan perkebunan tebu yang status kepemilikannya belum dibebaskan. Hasil analisis carbon dating pada penelitian tahun 2013 memperoleh pertanggalan sekitar 1006 M.

Kronologi tersebut dapat dikaitkan dengan prasasti berangka tahun 1015 M semasa pemerintahan raja putri Sri Mahadewi. Selain itu arca-arca yang ditemukan di Candi Gurah, sekitar 400 meter di sebelah selatan situs Tondowongso menunjukan gaya seni abad XI-XII Masehi. Untuk sementara luas situs Tondowongso adalah sekitar 1,5 hektar, yang terdiri dari bangunan candi induk, candi perwara, gapura, dan pagar keliling. Selain itu, di sekitar situs Tondowongso terdapat sekitar 15 lokasi lainnya yang memiliki temuan arkeologis, seperti misalnya fragmen bangunan, arca, dan prasasti.

 Penelitian tahun 2014 akan dilaksanakan pada tanggal 14 – 25 Oktober 2014 dengan ketua tim Sugeng Riyanto dan dibantu oleh beberapa peneliti dari jurusan Geologi dan BPCB Jawa Timur. Tujuan penelitian kali ini adalah untuk mengidentifikasi gambaran keluasan area inti, aspek arsitektural dan tata keruangan gugus bangunan, kronologi absolut, serta lingkungan purba situs Tondowongso. Penelitian tahap akhir ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam penyusunan penelitian jangka menengah kedua, sekaligus sebagai panduan untuk para pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam pelestarian dan pengelolaan situs Tondowongso di masa yang akan datang.

- Admin -
LAYANAN KAMI

BALAI ARKEOLOGI YOGYAKARTA selain melayani masyarakat di bidang informasi dan pengetahuan kearkeologian berupa publikasi seperti penerbitan, penyuluhan, pameran, film dan multimedia, juga melayani dalam bidang: 1. konsultasi tentang BCB (benda dan banggunan) 2. pelaksana penelitian arkeologi 3. studi kelayakan arkeologis 4. pendokumentasian dan penyuntingan film pengetahuan arkeologi 5. hal-hal lain yang berkaitan dengan kearkeologian .....

POLLING
Sumber media yang paling banyak Anda akses untuk mendapatkan informasi hasil penelitian arkeologi adalah: