Indonesia | English
Search :
Publikasi

Customer Support
 


Friday,23-August-2019
M S S R K J S
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
Agenda Rutin
Jumat: Apel & Senam Pagi
Jumat setelah senam: Futsal dan Pingpong
Kamis Minggu ke-2 & 4: Latihan Arkeologi Bawah Air

Berita

Penelitian
Potensi Peninggalan Arkeologis Bawah Air Madura dan Sekitarnya, Jawa Timur

Kegiatan penelitian di Pulau Giliraja ini merupakan penelitian pada tahapan ketiga, yang merupakan tahapan terakhir. Kegiatan penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 22 September – 3 Oktober 2014 ini difokuskan pada temuan shipwreck “Fyenoord 1914” secara detail untuk mengidentifikasi jenis kapal dan pengelolaannya selanjutnya.

Berdasarkan hasil penelitian pada tahapan I dan II diperoleh data mengenai lokasi dan dimensi shipwreck Fyenoord. Dimensi Shipreck ini dengan panjang 71 meter, lebar 8,3 meter, dan tinggi 1,7 meter.

Pada penelitian tahapan III ini diperoleh data mengenai detail kapal dan keletakan shipwreck fyenoord terhadap Pulau Giliraja. Pencarian data yang dilakukan melalui kegiatan penyelaman dan pemetaan di sekitar lokasi penelitian.

Detail kapal yang didapatkan pada shipwreck Fyenoord berupa lebar kapal yang melebar pada bagian tengah, sebuah struktur yang menyerupai prisma terpancung yang dilengkapi dengan bingkai jendela kaca, dan plakat kapal.Detail kapal ini diperlukan untuk mengidentifikasi kembali mengenai jenis kapal ini serta mengkoreksi nama kapal yang ditemukan berdasarkan plakat kapal yang ditemukan

Secara astronomis shipwreck ini berada pada 070 12’ 35.5” LS - 1130 44’ 36.1’’ BT dan secara administratif berada di Pulau Giliraja, Desa Banmaleng, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.Keletakan shipwreck ini terhadap Pulau Giliraja berada di sebelah barat laut dengan jarak ± 900 meter pada kedalaman ± 13 meter. Hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi penyebab karamnya kapal ini pada masa.

Keberadaan Shipwreck Fyenoord dapat dikembangkan sebagai wisata selam Shipwreck Adventure dan Shipwreck Training. Selain itu di sekitar Pulau Giliraja dapat dikembang sebagai wisata bahari berupa penyelaman terumbu karang, industri kelautan (ikan teri nasi dan garam), dan kehidupan kampung nelayan.






(HP_balaryk)

- Admin -
LAYANAN KAMI

BALAI ARKEOLOGI YOGYAKARTA selain melayani masyarakat di bidang informasi dan pengetahuan kearkeologian berupa publikasi seperti penerbitan, penyuluhan, pameran, film dan multimedia, juga melayani dalam bidang: 1. konsultasi tentang BCB (benda dan banggunan) 2. pelaksana penelitian arkeologi 3. studi kelayakan arkeologis 4. pendokumentasian dan penyuntingan film pengetahuan arkeologi 5. hal-hal lain yang berkaitan dengan kearkeologian .....

POLLING
Sumber media yang paling banyak Anda akses untuk mendapatkan informasi hasil penelitian arkeologi adalah: