Indonesia | English
Search :
Publikasi

Customer Support
 


Friday,23-August-2019
M S S R K J S
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
Agenda Rutin
Jumat: Apel & Senam Pagi
Jumat setelah senam: Futsal dan Pingpong
Kamis Minggu ke-2 & 4: Latihan Arkeologi Bawah Air

Berita

Penelitian
PENINJAUAN TEMUAN PRASASTI DI CANDI KEDULAN


Menindaklanjuti temuan sebuah prasasti di Candi Kedulan, beberapa peneliti Balai Arkeologi Yogyakarta melakukan peninjauan temuan tersebut pada tanggal 20 Agustus 2015. Temuan prasasti ini merupakan temuan prasasti ketiga setelah ditemukan dua prasasti sebelumnya yaitu Prasasti Sumundul dan Prasasti Pananggaran.

Candi Kedulan terletak di Dusun Kedulan, desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, D.I Yogyakarta. Keberadaan Candi Kedulan tersebut ditemukan pada saat seorang warga sedang melakukan bercocok tanam di sebuah lahan kas desa pada tahun 1993. Pada saat dilakukan peninjauan kegiatan ekskavasi penyelamatan dan penyusunan percobaan batu-batu candi masih berjalan oleh BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Yogyakarta.

Prasasti ketiga ini ditemukan pada tanggal 29 Juli 2015 diantara candi perwara utara dan candi perwara tengah. Ketika ditemukan kondisi prasasti sudah pecah menjadi dua bagian. Dimensi prasasti ini berukuran panjang 78 cm, lebar 77,5, dan tebal 16 cm. Prasasti berbahan batu dan beraksara Jawa kuna 25 baris ini masih relatif jelas terbaca, walaupun hurufnya terlalu kecil dan pahatannya tidak dalam. Temuan prasasti ini sudah dilakukan pembacaan oleh Drs. Djoko Dwiyanto, M.Hum., dari Jurusan Arkeologi FIB UGM. Sekilas informasi mengenai isi prasasti kedulan ini menurut Drs. Djoko Dwiyanto, M.Hum. adalah sebuah tanah Sima yang dibebaskan pajak berkaitan dengan pendirian bangunan suci. Keberadaan prasasti ketiga Candi Kedulan sekarang disimpan di Kantor BPCB Yogyakarta.

(HP-HL-HW-HR-SN-082015)







- Admin -
LAYANAN KAMI

BALAI ARKEOLOGI YOGYAKARTA selain melayani masyarakat di bidang informasi dan pengetahuan kearkeologian berupa publikasi seperti penerbitan, penyuluhan, pameran, film dan multimedia, juga melayani dalam bidang: 1. konsultasi tentang BCB (benda dan banggunan) 2. pelaksana penelitian arkeologi 3. studi kelayakan arkeologis 4. pendokumentasian dan penyuntingan film pengetahuan arkeologi 5. hal-hal lain yang berkaitan dengan kearkeologian .....

POLLING
Sumber media yang paling banyak Anda akses untuk mendapatkan informasi hasil penelitian arkeologi adalah: