Indonesia | English
Search :
Publikasi

Customer Support
 


Monday,27-May-2019
M S S R K J S
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31  
Agenda Rutin
Jumat: Apel & Senam Pagi
Jumat setelah senam: Futsal dan Pingpong
Kamis Minggu ke-2 & 4: Latihan Arkeologi Bawah Air

Berita

Arkeologi & Publik
Seminar Koservasi Cagar Budaya Berbasis Kearifan Tradisional.

Balai Konservasi Borobudur pada tanggal 15-17 September 2015 mengadakan “Seminar Koservasi Cagar Budaya Berbasis Kearifan Tradisional” di Hotel Saphir Yogyakarta. Balai Arkeologi Yogyakarta berkesempatan untuk berpartisipasi secara penuh dalam rangkaian seminar ini, yang termasuk di dalamnya ekskursi ke laboratorium CEOS (Center of Essential Oil Study), Universitas Islam Indonesia. Seminar ini menghadirkan berbagai pakar dari berbagai latar belakang ilmu, dari akademisi hingga praktisi.

Konservasi dapat didefinisikan secara luas, Burra Charter Australia misalnya, mendefinisikan konservasi sebagai upaya-upaya untuk merawat suatu tempat hingga nilai unik budayanya tetap terjaga. Mengacu pada definisi di atas, maka konservasi itu bukan hanya terdari dari konservasi budaya bendawi atau artefaknya saja. Konservasi kawasan pun dapat termasuk di dalamnya. Namun, hal utama yang menjadi bahan pembahasan pada seminar ini adalah konservasi budaya bendawi. Konservasi secara luas tampaknya belum menjadi perhatian bagi pihak penyelenggara.

Kegiatan ini sebenarnya menjadi bukti dari minat para konservator Indonesia untuk kembali menggunakan bahan-bahan dari alam dan metode-metode tradisional, setelah selama ini menggunakan bahan-bahan dan metode-metode kimia. Hal ini dapat dipandang sebagai peluang bagi Balai Arkeologi Yogyakarta untuk dapat melakukan kajian-kajian tertentu, misalnya lewat etnoarkeologi, kita dapat mengkaji bagaimana kearifan tradisional berperan dalam merawat warisan budaya. Dengan demikian, kita pun dapat membantu atau dapat memberikan pandangan baru bagi para konservator dalam menjaga warisan budaya. ( Bowo )

 


- Admin -
LAYANAN KAMI

BALAI ARKEOLOGI YOGYAKARTA selain melayani masyarakat di bidang informasi dan pengetahuan kearkeologian berupa publikasi seperti penerbitan, penyuluhan, pameran, film dan multimedia, juga melayani dalam bidang: 1. konsultasi tentang BCB (benda dan banggunan) 2. pelaksana penelitian arkeologi 3. studi kelayakan arkeologis 4. pendokumentasian dan penyuntingan film pengetahuan arkeologi 5. hal-hal lain yang berkaitan dengan kearkeologian .....

POLLING
Sumber media yang paling banyak Anda akses untuk mendapatkan informasi hasil penelitian arkeologi adalah: