Indonesia | English
Search :
Publikasi

Customer Support
 


Wednesday,18-October-2017
M S S R K J S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31  
Agenda Rutin
Jumat: Apel & Senam Pagi
Jumat setelah senam: Futsal dan Pingpong
Kamis Minggu ke-2 & 4: Latihan Arkeologi Bawah Air

Berita

Dunia Ilmiah
FILM CANDI SANGGAR SELESAI DIBUAT

FILM CANDI SANGGAR SELESAI DIBUAT

Sebuah Rumah Dewa di Lereng Bromo

Candi Sanggar yang telah diteliti sejak tahun 2005 oleh Balai Arkeologi Yogyakarta, difilmkan. Film Pengetahuan Arkeologi ini adalah produk Balar Jogja ke-2 di tahun 2009 atau ke-8 sejak 2006. Pembuatan film Candi Sanggar memang telah direncanakan sejak dua tahun lalu, yang didorong oleh beberapa aspek unik dan dramatis dari penemuan situs ini.

Candi Sanggar, di Dusun Wonogriyo, Desa Pusungmalang, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, dilaporkan pertama kali oleh Soekarno, BA pada tanggal 14 Januari 1985, melalui surat yang ditujukan kepada Balai Arkeologi Yogyakarta. 20 tahun kemudian, 2005, keinginan tersebut baru dapat diwujudkan dengan diterjunkannya sebuah Tim Penelitian yang dipimpin oleh Dra. TM Rita Istari. Pada waktu itu, Soekarno adalah seorang Kepala Sekolah Dasar Bulukambang II, Kecamatan Lumbang, Pasuruan yang memiliki apresiasi yang luar biasa atas warisan leluhur.

Penelitian antara lain menghasilkan informasi berupa:

1.      Candi Sanggar adalah sebuah bangunan punden berundak dengan latar belakang Agama Hindu, terdiri atas beberapa bangunan, induk dan pendamping

2.      Dua angka tahun yang berbeda pada prasasti yang ditemukan menunjukkan bahwa bangunan ini dibangun pada masa Majapahit melalui dua tahap, yaitu 1345 M pada masa Tribhuanatunggadewi, dan pada tahun 1509 M pada masa Girindrawardhana

3.      Hingga saat ini, Candi Sanggar merupakan satu-satunya candi yang ditemukan di lereng Gunung Bromo: Sebuag Rumah Dewa di Lereng Bromo.

Film Pengetahuan Arkeologi adalah media publikasi audio-visual yang dikembangkan oleh Balai Arkeologi Yogyakarta melalui Kelompok Kerja Dokumentasi dan Informatika sejak tahun 2006. Film jenis ini sebenarnya merupakan bagian dari pengembangan arkeologi visual, yang pada intinya bertujuan untuk “memanjakan” publik melalui kemasan populer yang memuat aspek ilmiah hasil-hasil penelitian arkeologi.

Film berjudul “Candi Sanggar: Rumah Dewa di Lereng Bromo” ini berdurasi 19’ 47” dan dikemas dalam format digital DVD Video dan VCD. Sebagai Naras Sumber adalah Rita Istari, ketua Tim Penelitian, dan Baskoro DT, salah seorang anggota Tim. Naskah ditulis oleh Rita Istari, sedangkan skenario ditulis oleh Sugeng Riyanto. Penyuntingan dilakukan oleh Tim Editor Pokja Dokinfo Balar Jogja, yang terdiri atas Sugeng Riyanto Dekon Suyanto, dan Andeas Eka. Kali ini Balar Jogja menunjuk profesional di bidang penyiaran publik sebagai Narator, yaitu Agung Adi dari Rasialima Studio. (sgg)

Lihat sinopsis film ini

LAYANAN KAMI

BALAI ARKEOLOGI YOGYAKARTA selain melayani masyarakat di bidang informasi dan pengetahuan kearkeologian berupa publikasi seperti penerbitan, penyuluhan, pameran, film dan multimedia, juga melayani dalam bidang: 1. konsultasi tentang BCB (benda dan banggunan) 2. pelaksana penelitian arkeologi 3. studi kelayakan arkeologis 4. pendokumentasian dan penyuntingan film pengetahuan arkeologi 5. hal-hal lain yang berkaitan dengan kearkeologian .....

POLLING
Sumber media yang paling banyak Anda akses untuk mendapatkan informasi hasil penelitian arkeologi adalah: