Indonesia | English
Search :
Publikasi

Customer Support
 


Saturday,17-November-2018
M S S R K J S
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  
Agenda Rutin
Jumat: Apel & Senam Pagi
Jumat setelah senam: Futsal dan Pingpong
Kamis Minggu ke-2 & 4: Latihan Arkeologi Bawah Air

Berita

Dunia Ilmiah
CANDI LAWANG DIPUGAR Diacukah Hasil Penelitian dan Rekomendasi Balar Jogja?

CANDI LAWANG DIPUGAR

Diacukah Hasil Penelitian dan Rekomendasi Balar Jogja?

Berdasarkan berita Kedaulatan Rakyat (Rabu, 21/10/09), Candi Lawang yang terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali sedang dalam proses pemugran oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah. Pekerjaan yang telah dimulai sejak bulan Agustus 2009 yang lalu, tanpa didahului pemberitahuan dan koordinasi dengan Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta. Proses pemugaran itu sendiri masih belum selesai, dan nampaknya berhenti sementara sejak Idul Fitri yang lalu.

Harapan masyarakat sekitar Candi Lawang agar peninggalan purbakala tersebut dijadikan sebagai obyek wisata yang dapat mendatangkan banyak wisatawan, sehingga meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. M. Arif Wardianta, Camat Cepogo yang mengakomodasi keinginan masyarakat menyatakan setuju dengan usulan masyarakat untuk menjadikan peninggalan-peninggalan purbakala di Cepogo sebagai tujuan wisata. Apalagi, wilayah Cepogo yang berada di jalur wisata Solo-Selo-Borobudur (SSB), cukup potensial untuk menarik wisatawan.

Selain Candi Lawang, di Kecamatan Cepogo juga terdapat peninggalan purbakala lainnya yaitu Candi Sari dan Petirthaan Cabean Kunti. Diharapkan konsep pelestarian, pemanfaatan dan pengembangan peninggalan-peninggalan purbakala di kawasan tersebut dilaksanakan secara terintegrasi. Padahal, selain pengkondisian peninggalan purbakala sebagai obyek wisata, juga harus dilakukan pemberdayaan masyarakat lokal dan pembenahan infrastruktur pendukung.

Belum dapat diketahui bagaimana konsep pemugaran yang sedang dilakukan oleh BP3 Jawa Tengah. Balai Arkeologi Yogyakarta, pada tahun 2006-2007 pernah melakukan penelitian di Candi Lawang dan peninggalan-peninggalan purbakala disekitarnya. Diharapkan pemugaran yang tengah dilakukan oleh BP3 Jawa Tengah merujuk pada rekomendasi hasil penelitian Balai Arkeologi Yogyakarta (wan-sgg).

LAYANAN KAMI

BALAI ARKEOLOGI YOGYAKARTA selain melayani masyarakat di bidang informasi dan pengetahuan kearkeologian berupa publikasi seperti penerbitan, penyuluhan, pameran, film dan multimedia, juga melayani dalam bidang: 1. konsultasi tentang BCB (benda dan banggunan) 2. pelaksana penelitian arkeologi 3. studi kelayakan arkeologis 4. pendokumentasian dan penyuntingan film pengetahuan arkeologi 5. hal-hal lain yang berkaitan dengan kearkeologian .....

POLLING
Sumber media yang paling banyak Anda akses untuk mendapatkan informasi hasil penelitian arkeologi adalah: