Indonesia | English
Search :
Publikasi

Customer Support
 


Wednesday,20-November-2019
M S S R K J S
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
Agenda Rutin
Jumat: Apel & Senam Pagi
Jumat setelah senam: Futsal dan Pingpong
Kamis Minggu ke-2 & 4: Latihan Arkeologi Bawah Air

Berita

Pelatihan
PELATIHAN KERAMOLOGI DI BALAI ARKEOLOGI YOGYAKARTA

PELATIHAN KERAMOLOGI DI BALAI ARKEOLOGI YOGYAKARTA

Pokja Pengembangan SDM mempunyai program-program yang dilaksanakan pada tahun 2010. Salah satunya adalah Pelatihan Keramologi. Pelatihan keramologi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan SDM di Balai Arkeologi Yogyakarta dalam bidang keramologi.  Ke depan, analisis keramik dapat dilakukan secara mandiri tanpa tergantung dengan ahli dari luar lingkungan Balai Arkeologi Yogyakarta. Kegiatan Pelatihan Keramologi dilaksanakan pada tanggal 9-12 Maret 2010. Seluruh peserta pelatihan keramologi adalah karyawan Balai Arkeologi Yogyakarta, yang di antaranya: Drs. Baskoro Daru Tjahjono, Alifah, S.S., Drs. Sugeng Riyanto, M.Hum., Drs. Masyhudi, Slamet Widodo, Drs. M. Chawari, M.Hum., Drs. Gunadi Kasnowihardjo, M.Hum., Sukarman, Putri Novita T, S.Ant., Hery Priswanto, S.S., Hery Supriyanto. Pengajar Pelatihan Keramologi ini adalah Dra. Yusmaini Eriawati, M.Hum. dari Puslitbang Arkenas.

Pelatihan keramlogi ini meliputi: Pengenalan Keramik, Pengertian Keramik: Definisi dan Teknologi (bahan dasar, pembakaran, pengglasiran), Sejarah Masuknya Keramik (ke Indonesia) dan Negara-negara Penghasil Keramik. Juga identifikasi (ciri-ciri) tentang: Keramik Cina, Keramik Vietnam, Keramik Thailand, Keramik Jepang, Keramik Eropa. Pelatihan khusus mengenai Keramik China meliputi: Keramik Tang  (7-9 M), Keramik 5 Dinasti & Keramik Song  (10 -13 M), Keramik Yuan (14 M), Keramik Ming (15-17 M), serta Keramik Qing (17-19 M). Selain itu juga, pada saat selesai paparan tentang Keramik Cina dilanjutkan dengan simulasi dan praktik.

Pada pelatihan keramologi ini tidak ditemui kendala yang berarti. Kalaupun ada,  kendala yang dijumpai berupa kurang lengkapnya  koleksi keramik Balai Arkeologi Yogyakarta sehingga contoh keramik dari periode waktu tertentu masih kurang representatif. Kendala lainnya adalah singkatnya waktu pelatihan. Pelatihan yang hanya selama empat hari ini membuat materi yang diberikan begitu padat sehingga berpengaruh pada pemahaman peserta. Melihat antusiasme para peserta, pelatihan keramologi ini sebaiknya diselenggarakan lagi pada tahun 2011. Mengingat pula, materi yang disampaikan masih berupa pemaparan umum dan belum spesifik.

LAYANAN KAMI

BALAI ARKEOLOGI YOGYAKARTA selain melayani masyarakat di bidang informasi dan pengetahuan kearkeologian berupa publikasi seperti penerbitan, penyuluhan, pameran, film dan multimedia, juga melayani dalam bidang: 1. konsultasi tentang BCB (benda dan banggunan) 2. pelaksana penelitian arkeologi 3. studi kelayakan arkeologis 4. pendokumentasian dan penyuntingan film pengetahuan arkeologi 5. hal-hal lain yang berkaitan dengan kearkeologian .....

POLLING
Sumber media yang paling banyak Anda akses untuk mendapatkan informasi hasil penelitian arkeologi adalah: