Indonesia | English
Search :
Publikasi

Customer Support
 


Wednesday,20-November-2019
M S S R K J S
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
Agenda Rutin
Jumat: Apel & Senam Pagi
Jumat setelah senam: Futsal dan Pingpong
Kamis Minggu ke-2 & 4: Latihan Arkeologi Bawah Air

Berita

Arkeologi & Publik
GAME INTERAKTIF ARKEOLOGI

GAME INTERAKTIF ARKEOLOGI

Balai Arkeologi Yogyakarta pekan ini, Mei 2010, telah menyelesaikan salah satu media publikasi digital berupa permainan computer yang diberi label GAME INTERAKTIF ARKEOLOGI (GIA). Media publikasi kearkeologian ini sebenarnya sudah dirancang sekitar dua tahun yang lalu, namun baru sekarang terealisasi.

Sebagai sebuah produk yang relative baru di dunia arkeologi Indonesia, GIA yang rencananya diluncurkan bersamaan dengan kegiatan Pameran Arkeologi di Solo, 17-20 Mei 2010, sebenarnya masih dalam evaluation copy atau edisi uji coba. Secara umum materi dan struktur GIA terbilang sederhana, yaitu memuat 45 pertanyaan kearkeologian yang terbagi dalam 3 level. Sasaran utama permainana interaktif ini adalah siswa SLTP dan SLTA.

Materi soal yang disokong oleh para peneliti Balar Jogja pada prinsipnya meliputi 1) Soal-soal arkeologi dasar, 2) soal yang berkaitan dengan sejarah dan kebudayaan Indonesia. Distrbibusi materi soalantara lain meliputi:

1. Soal yang berkaitan dengan identisikasi benda arkeologi

2. Soal yang berkaitan dengan fungsi benda arkeologi

3. Soal yang berkaitan dengan kronologi benda arkeologi

4. Soal yang berkaitan dengan lokasi benda arkeologi

5. Soal yang berkaitan dengan tokoh arkeologi atau yang terkait dengan benda arkeologi

6. Soal yang berkaitan dengan peristilahan arkeologi

7. Soal yang berkaitan dengan aspek-aspek penanganan benda arkeologi

8. materi soal lain yang berkaitan dengan sejarah dan kebudayaan Indonesia

GIA dikemas sebagai CD-Interaktif autorun sehingga sangat mudah dalam hal teknis pengoperasian melalui computer. Meskipun sederahana dan masih dalam tahap uji coba, namun produk ini menjadikan Balar Jogja terbilang paling komplit dalam hal publikasi digital, selain web, CD-Interaktif, dan Film Pengetahuan Arkeologi yang sudah ada terlebih dahulu. Yang lebih penting lagi adalah, GIA diharapkan dapat menjadi daya dorong dalam pengembangan publikasi arkeologis guna memanjakan public dalam hal informasi kearkeologian Indonesia.

Semoga. (sgg)

LAYANAN KAMI

BALAI ARKEOLOGI YOGYAKARTA selain melayani masyarakat di bidang informasi dan pengetahuan kearkeologian berupa publikasi seperti penerbitan, penyuluhan, pameran, film dan multimedia, juga melayani dalam bidang: 1. konsultasi tentang BCB (benda dan banggunan) 2. pelaksana penelitian arkeologi 3. studi kelayakan arkeologis 4. pendokumentasian dan penyuntingan film pengetahuan arkeologi 5. hal-hal lain yang berkaitan dengan kearkeologian .....

POLLING
Sumber media yang paling banyak Anda akses untuk mendapatkan informasi hasil penelitian arkeologi adalah: