Indonesia | English
Search :
Publikasi

Customer Support
 


Wednesday,18-October-2017
M S S R K J S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31  
Agenda Rutin
Jumat: Apel & Senam Pagi
Jumat setelah senam: Futsal dan Pingpong
Kamis Minggu ke-2 & 4: Latihan Arkeologi Bawah Air
Home >>

Detail Publikasi

CANDI SANGGAR: Rumah Dewa di Lereng Bromo

CANDI SANGGAR: Rumah Dewa di Lereng Bromo

Lihat Film ini:

Bagian 1

Bagian 2

Film berjudul “Candi Sanggar: Rumah Dewa di Lereng Bromo” ini berdurasi 19’ 47” dan dikemas dalam format digital DVD Video dan VCD. Sebagai Naras Sumber adalah Rita Istari, ketua Tim Penelitian, dan Baskoro DT, salah seorang anggota Tim. Naskah ditulis oleh Rita Istari, sedangkan skenario ditulis oleh Sugeng Riyanto. Penyuntingan dilakukan oleh Tim Editor Pokja Dokinfo Balar Jogja, yang terdiri atas Sugeng Riyanto Dekon Suyanto, dan Andeas Eka. Kali ini Balar Jogja menunjuk profesional di bidang penyiaran publik sebagai Narator, yaitu Agung Adi dari Rasialima Studio.

Awal film menggambarkan ketika Soekarno pada tanggal 14 Januari 1985 menulis surat yang menceritakan adanya batu dan arca di lereng Bromo sekaligus mohon agar situs ini diteliti. Tahun 2005, 20 tahun setelah itu, pemintaanya baru dapat dipenuhi, dan penelitian pun dimulai.

Dibantu masyarakat yang antusias, “penasaran”, penuh harap, dan semangat, Tim berjuang untuk mengungkap misteri bangunan ini tahap demi tahap. Struktur bangunan yang berundak, berbagai artefak masa Majapahit, prasasti berangka tahun 1345 M dan 1509 M, dan struktur talud adalah hasil penelitian yang dijadikan acuan bagi penjelasan atas hasil penelitian.

Di akhir durasi digambarkan harapan masyarakat atas keberadaan Candi Sanggar, serta berbagai keunikan, eksotika,  dan aspek estetika Dusun Wonogriyo yang berada di lereng Bromo.


Lihat berita






 

LAYANAN KAMI

BALAI ARKEOLOGI YOGYAKARTA selain melayani masyarakat di bidang informasi dan pengetahuan kearkeologian berupa publikasi seperti penerbitan, penyuluhan, pameran, film dan multimedia, juga melayani dalam bidang: 1. konsultasi tentang BCB (benda dan banggunan) 2. pelaksana penelitian arkeologi 3. studi kelayakan arkeologis 4. pendokumentasian dan penyuntingan film pengetahuan arkeologi 5. hal-hal lain yang berkaitan dengan kearkeologian .....

POLLING
Sumber media yang paling banyak Anda akses untuk mendapatkan informasi hasil penelitian arkeologi adalah: